Cara agar anak semangat belajar di rumah

  Semua orang tua pasti sangat senang apa bila seorang anak selalu juara di kelas nya, namun tidak bagi seorang anak yang malas belajar, inilah tantangan bagi orang tua agar anak bisa rajin belajar,

  Beberapa orang tua mempunyai cara tersendiri sendiri agar anak mereka rajin belajar, tapi terlepas itu ada beberapa hal yanq perlu di perhatikan

1. Gambaran cita cita

Setiap anak mempunyai keinginan yang kuat untuk sukses apabila ada dorongan orang tua. orang tua yang senantiasa menanyakan anak apabila ia besar akan menjadi seperti apa,  dengan perasaan yang tulus. Akan memberikan gambaran tersendiri bahwa cita cita itu perlu diraih, dan sesuatu itu sangatlah menyenangkan.
Contoh ia akan menjadi pilot, maka gambaran tentang pilot, agar tersimpan di dalam memorinya tentang sesuatu yang akan diraih.

2. Rajin berdiskusi

Seorang anak biasanya mempunyai kendala tersendiri sendiri, dalam proses belajar,  kendala tersebut biasa sepele namun sangat berat bagi anak. misalnya saja di sekolah ia menempati posisi duduk paling belakang. Ia pasti sangat terbebani dan sangat sulit melakukan proses belajar karena mungkin suara pengajar tak sampai di telinga seorang anak. Sehingga belajar nya tidak menyenangkan dan akan membuat ia malas belajar. disinilah peran orang tua sangat penting. Dengan kasus tersebut mungkin orang tua harus lebih sering berdiskusi dengan anak dan memberikan solusi masalah yang ia alami.

3. Temani saat belajar di rumah

Seorang anak biasa tidak rajin belajar karena merasa bosan dengan tugas di berikan pr oleh guru yang tidak bisa ia kerjakan. Misalnya saja mate-matika termasuk bidang studi yang sulit, jika anda orang tua  tidak menemani dan membantu proses belajar. bidang studi yang ia kerjakan sulit selalu berulang-ulang ia tak fahami akan membuat ia bosan pada bidang tersebut dan pada akhirnya tidak pada satu bidang studi saja mungkin de beberapa bidang studi lain dan itu membuat waktu belajar nya semakin sedikit. Jadi bagi orang tua temani anak di saat belajar walaupun anda hanya duduk disampinya dan membaca majalah atau semacamnya, karena terkadang anak bertanya kepada orang tua, apabila ada sesuatu yang sulit ia kerjakan.

4. Memberinya hadiah

Memberi hadiah kepada anak jika ia peringkat 1 di kelasnya maka akan membuat seorang anak lebih sering belajar untuk mencapai sesuatu yang di janjikan orang tua.

5. Belajar dan bermain

Solusi di no 4 kadang tidak efektif pada sebagian anak, oleh karena itu belajar sambi bermain adalah sesuatu yang sangat menyenangkan bagi anak. Keinginan untuk bermain pada anak memang sangat tinggi dan itu bisa anda manfaatkan untuk anak bisa belajar. Se kreatif anda lah bagaimana cara agar anak bisa bermain dan belajar, anda bisa mengajaknya berlibur ke kebun binatang, secara tidak langsung ia sudah belajar mengenal satwa dan sekaligus bermain :)

6. Mengajar disiplin

Namun kadang solusi seperti di atas tidak baik jika orang tua tersebut seorang pekerja yang sibuk. Dan oleh itu mengajarkan anak disiplin adalah wajib bagi anda orang tua, mengajarkan disiplin, di mana waktu mereka harus belajar, bermain, dan jangan terlalu keras pastikan ia cukup untuk istirahat.

7. Jangan terlalu keras

Pada sebagian orang tua ada yang rajin mendampingi anaknya saat belajar, namun terkadang ia sangat keras saat ia mengajarkan sesuatu, terkadang anaknya pun. Menangis karena terlalu keras mengajarkanya memaksa ia segera mengetahui padahal otak nya belum mampu, anak membutuhkan kasih sayang apabila anda keras saat mengajarinya maka ia akan malas bila di suruh belajar.

Itu sebagain yang harus anda ketahui agar anak mampu berprestasi dan lebih giat belajar. masih banyak belum tertulis, namun sedikit nya itu menjadi pembelajarn yang bermanfaat.

1 Response to "Cara agar anak semangat belajar di rumah"

  1. yuuk coba ikutan belajar dengan Guru Les Private Berpengalaman biar tambah berprestasi

    ReplyDelete